Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022

Font Size: 
PENERAPAN PROSES EMPLOYER BRANDING PADA KLINIK ESHA SKIN CENTER
Natalia Sukarnadi, Innocentius Bernarto, Fania Mutiara Savitri

Last modified: 2023-01-09

Abstract


Branding memberikan identitas pada produk atau jasa yang ditawarkan, menyampaikan nilai, dan yang terpenting adalah menjalin komunikasi dengan konsumen. Pebisnis pun berlomba-lomba dalam membranding produk ataupun jasa mereka sedemikian rupa agar dapat menarik dan mempertahankan konsumen. Ironisnya upaya branding yang sering dilakukan pebisnis dalam meningkatkan jangkauan yaitu dengan mengandalkan viralitas dan popularitas dibandingkan keunggulan bersaing pada kompetensi layanan dan kualitas produk. Ketatnya persaingan dan pertumbuhan industri kecantikan yang begitu pesat menuntut kompetensi yang lebih baik untuk dapat mempertahankan positioning sebagai market leader klinik kecantikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis menerapkan proses employer branding pada Esha Skin Center. Penelitian ini dilakukan dengan menyelenggarakan mini Forum Group Discussion (FGD) guna mendapat analisa mendalam mengenai penerapan proses employer branding apakah efektif meningkatkan keunggulan bersaing klinik kecantikan disertai beberapa hambatannya. Dalam FGD ini mendatangkan beberapa pakar kesehatan kulit, beauty enthusiast influencer, pelanggan potensial dan manajemen. Hasil analisa menunjukkan bahwa pada klinik Esha Skin Center telah diterapkan employer branding dr.Mungky Sukarnady, Sp.KK yang didasarkan 8 konsep Peter Montoya (Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, Kenampakan, Kesatuan, Keteguhan dan Nama Baik). Inovasi dan serangkaian terobosan baru diperlukan untuk tetap mempertahankan keunggulan kompetitif dari Esha Skin Center agar mampu menjadi pemimpin pasar dunia kecantikan dan kesehatan kulit.

Keywords


branding; employer; proses

References


Alniacik, E., & Alniacik, U. (2012). Identifying Dimensions of Attractiveness in Employer Branding: Effects of Age, Gender and Current Employmenr Status. Kocaeli University.

Buttle, H., Raymond, J. E., & Danziger, S. (2000). Do famous faces capture attention?. Advances in Consumer Research, 27, 245-245.

Lievens, F., & Slaughter, J. E. (2016). Employer Image And Employer Branding: What We Know And What We Need To Know. Annual Review Of Organizational Psychology And Organizational Behavior, Vol 3, 3, 407-440.

Hamanto, S. (2017). Internship Report at URBANHIRE, BOUNCE.

Kusuma, A. H. P., Sudirman, A., Purnomo, A., Aisyah, S., Sahir, S. H., Rumondang, A., ... & Simarmata, J. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan, terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Citta, A. B., Brasit, N., Hamid, N., & Yusuf, R. M. (2020). Penerapan Employer Branding Dalam Suatu Perusahaan: Studi Beberapa Literature. Jurnal Mirai Management, 5(1), 115-125.

Radhinda, P. A. (2020). Penerapan Proses Employer Branding Pada Perusahaan E-Commerce (Studi Kasus pada Shopee Indonesia). Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 1(3), 185-204

Sulistio, A. B. (2021). Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis. https://indonesia.sae.edu/wp-content/uploads/2021/02/Branding-Sebagai-Inti-Dari-Promosi-Bisnis.pdf. Diakses pada 15 Oktober 2022.

Sugiarto, C. (2019). Pelatihan branding sebagai upaya meningkatkan efektivitas pemasaran nugget lele desa Mojogedang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 8(2), 1-5..

 


Full Text: PDF | 59-67