Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022

Font Size: 
PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN OLAHRAGA BOLA VOLI DI DESA TANGKAHEN
Rinto Hasiholan Hutapea, Muslimah Muslimah, Nali Eka, Wahyu Alfian R.A.S, Riri Rianti, Ria Ria, Dafit Dafit, Rini Astuti, Nadia Sri Agustin, Juni Juni, Indra Prayogi, Abdul Azis Al Fatah

Last modified: 2023-01-10

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis program pemberdayaan masyarakat oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama di desa Tangkahen, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah. Program tersebut sebagai upaya mengoptimalisasikan kemitraan mahasiswa dengan masyarakat dalam penguatan nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan olahraga bola voli. Pengabdian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Communitydriven Development) sebagai pemberdayaan aset yang dimiliki masyarakat, seperti memiliki sumber daya manusia yang terampil dalam berolahraga voli dan dapat dijadikan sebagai wadah untuk penguatan nilai-nilai moderasi beragama. Adapun hasil dari pengabdian ini mengungkapkan bahwa program olahraga voli mampu berbaur dan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada masyarakat, serta memberdayakan aset lokal dengan melakukan perbaikan lapangan bola dan fasilitasnya, yang kemudian menjadi rutinitas keseharian masyarakat pada sore hari. Selain itu, mahasiswa dan masyarakat mampu mengadakan perlombaan bola voli dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 pada bulan Agustus 2022. Perlombaan diikuti oleh masyarakat, khususnya pemuda-pemudi tingkat pelajar di Desa Tangakahen. Masyarakat Desa Tangkahen juga dapat memanfaatkan lapangan voli yang telah diperbaiki dan difasilitasi yang kemudian diberi papan nama “Lapangan Hantingan.” Masyarakat Desa Tangkahen senang dan gembira ketika bermain, tanpa memperdulikan perbedaan latar belakang suku, ras, dan agama. Masyarakat menunjukkan sikap yang antusias, akrab, saling tolong-menolong, saling menghormati, serta saling merawat kebersamaan dan keharmonisan.

Keywords


moderasi beragama; olahraga bola voli; pemberdayaan masyarakat

References


Ajahari. (2018). Aktualisasi Kerukunan Masyarakat Beda Agama di Kelurahan Pager Kecamatan Rakumpit Kota Palangka Raya. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 14(2), 72. https://doi.org/10.23971/jsam.v14i2.936

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Darnita, C. D., Astrinitasillahi, Fikri, Muslimah, H., Khatimah, H., Kartini, … Muslimah. (2021). Handep hapakat dalam pemasangan bendera merah putih untuk memperkuat identitas nasional dan moderasi beragama pada masyarakat Kelurahan Petuk Bukit. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat, 250–257. Malang: Universitas Islam Malang.

Haris, A. (2014). Memahami Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat. Jupiter, 13(2).

Hutapea, R. H. (2022). Nilai pendidikan Kristiani “terimalah satu akan yang lain” dalam bingkai moderasi beragama. KURIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 8(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.540

Hutapea, R. H., & Iswanto. (2020). Potret Pluralisme Agama Dalam Masyarakat Di Kota Kupang. Jurnal Dialog, 43(76), 99–108. Retrieved from   https://jurnaldialog.kemenag.go.id/index.php/dialog/article/view/363/190

Iskandar, D., & Ramadan, G. (2019). Pelatihan Bola Voli Tingkat Desa. Jurnal Sibermas, 8(2). Retrieved from https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/sibermas/article/view/11493

Muslimah. (2017). Toleransi Dalam Kehidupan Multikultur Di Smp Negeri 2 Arut Selatan. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 1(2).

Muslimah, M. (2016). Nilai Religious Culture di Lembaga Pendidikan.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nugraha, D., Nurwadjah, & Andewi. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren Salaf Al-Falah Kabupaten Cianjur. Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan), 2(1).

Pabbajah, M., Widyanti, R. N., & Widyatmoko, W. F. (2021). Membangun Moderasi Beragama: Perspektif Konseling Multikultural dan Multireligius di Indonesia. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 13(1). Retrieved from https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/1304

Ratno, P. E., Marpaung, D., Nasution, D. R., & Ansari, M. F. (2021). Pendampingan Klub Bola Voli Di Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat “Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.” Medan: LPPM Universitas Negeri Medan.

Salahuddin, N. (2015). Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya Asset Based Community- Driven Development (ABCD). Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sarasanty, D., Erna, E. S., & Asmorowati, T. (2021). Rehab Sarana Olahraga Melalui Pendampingan Perencanaan Teknik Pembangunan Lapangan Voli. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1). Retrieved from http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/183

Suharto, B., & et.all. (2021). Moderasi Beragama: Dari Indonesia Untuk Dunia. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.

Sujarwo. (2021). Sosialisasi Penerapan Olahraga Bola Voli Di Masa Pandemi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/648

Umar, A. U. A. Al, Savitri, A. S. N., Pradani, Y. S., Mutohar, M., & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKN 2021). E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/377

Widagdo, W., & Kusuma, I. A. (2021). Penyuluhan Teknik Permainan

Bola Voli Pada Pemain Pemula Klub Vita Solo (Pengabdian Masyarakat Tahun 2021). PROFICIO: Jurnal Abdimas  FKIP UTP, 2(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JPF/article/view/1523.

Full Text: PDF | 243-255